Senin, 24 Maret 2014

Pengertian dan Peranan Perencanaan Pemasaran

            Pengertian dan Peranan Perencanaan Pemasaran

Setiap perusahaan atau badan usaha selalu melakukan kegiatan pemasaran, yang merupakan ciri dari aktivitas usahanya. Tidak ada satu badan usahapun terlepas dari kegiatan pemasaran ini. Baik perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT), mapun Firma, CV dan perusahaan perseroan serta Koperasi dan badan-badan usaha milik Negara lainnya, semua tidak terlepas dari kegiatan pemasaran. Kegiatan pemasaran yang dilakukan kegiatan perusahaan perlu dikoordinasikan dan diarahkan untuk mencapai tujuan perusahaan umumnya dan tujuan bidang pemasaran khususnya. Rencana pemasaran merupakan perumusan usaha yang akan dilakukan dalam bidang pemasaran, dengan menggunakan sumber daya yang ada dalam suatu perusahaan, guna mencapai tujuan dan sasaran tertentu dibidang pemasaran pada waktu tertentu dimasa yang akan datang. Perencanaan strategi pemasaran adalah bagaiamana cara untuk dapat menemukan berbagai peluang menarik dan menyusun strategi yang menguntungkan. Kegiatan penyusunan rencana pemasaran inilah yang disebut dengan perencanaan pemasaran.
Pengertian perencanaan pemasaran

Perencanaan pemasaran adalah penerapan yang sudah direncanakan dari sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Sedangkan pemasaran itu sendiri adalah proses penyusunan komunikasi terpadu bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia, mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), dan pengiriman barang (promotion).
Pemasaran lebih dipandang sebagai seni dari pada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung pada lebih banyak pada keterampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan dari pada berorientasi pada ilmu. Pandangan ahli terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Pemasaran merupakan ujung tombak bagi perusahaan. oleh sebab itu, penting adanya rencana pemasaran untuk menunjang kesuksesan perusahaan.
Rencana pemasaran haruslah mengobservasi dan berorientasi pada masa depan. Observasi data mnegenai seberapa efektif pemasaran dilakukan dan bagaimana saja yang masih mendapat terdapat kekurangan dan perbaiki. Sedangkan orientasi akan memberikan arahan agar setiap divisi perusahaan mendukung pemasaran, mengarahkan mereka sesuai tugasnya, dan memahami pasar yang dinamis. 
Ada paling sedikit lima dasar pengklasifikasian rencana – rencana, sebagai berikut :
            Bidang fungsional, mencangkup rencana produksi, pemasaran keuangan, dan personali. Setiap faktor memerlukan tipe perencanaan yang berbeda. Misalnya, rencana produksi akan meliputi perencanaan kebutuhan, scaduling prodiksi, jadwal pemeliharaan mesin, dan sebagainya. Sedang rencana pemasaran berisi target penjualan, program promosi, dan sebagainya.
Tingkat organisasional, termasuk keluruhan organisasi atau satuan – satuan kerja organisasi. Teknik – teknik dan isi perencanaan berbeda untuk tingkat yang berbeda pula. perencanaan organisasi keseluruhan akan lebih kompleks daripada perencanaan suatu kerja organisasi.
Karakter – karakter (sifat) rencana, meliputi faktor – faktor kompleks, fleksibilitas, kerahasiaan, biaya, rasionalitas, kuantitatif dan klualitatif.
Waktu, menyangkut rencana jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.

Unsur – unsur rencana, dalam wujud anggaran, program, prosedur, kebijakansanaan dan sebagainya. Perencanaan ini berhubungan dengan kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan seperti program pengiklanan, prosedur seleksi personalia, anggaran  penelitian dan pengembangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar